PEMBELAJARAN DENGAN EEK(Eksplorasi,Elaborasi,Konfirmasi)

Eksplorasi

Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman atas suatu fenomena (American Dictionary).Model pembelajaran ini dapat dikembangkan melalui bentuk pertanyaan. Seperti yang dikatakan oleh Socrates bahwa pertanyaan yang baik dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan lebih mendalam.
Eksplorasi merupakan proses kerja dalam memfasilitasi proses belajar siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Siswa menghubungkan pikiran yang terdahulu dengan pengalaman belajarnya. Mereka menggambarkan pemahaman yang mendalam untuk memberikan respon yang mendalam juga. Bagaimana membedakan peran masing-masing dalam kegiatan belajar bersama. Mereka melakukan pembagian tugas seperti dalam tugas merekam, mencari informasi melalui internet serta memberikan respon kreatif dalam berdialog.Ciri-ciri pembelajaran berbasis eksplorasi : (1) Melibatkan peserta didik mencari informasi (topik tertentu), (2) Menggunakan beragam pendekatan ,media dan sumber belajar,(3) Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik.

Elaborasi

Elaborasi adalah kegiatan inti pembelajaran.Ciri-ciri pembelajaran berbasis Elaborasi : (1) Membiasakan peserta didik untuk membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tertentu,(3) Memfasilitasi peserta didik untuk memunculkan gagasan baru melalui pemberian tugas, (4) Memberi kesemptan siswa untuk berpikir,menganalisa,menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.,(5) kooperatif,(6) berkompetisi secara sehat, (7) Membuat laporan.

Konfirmasi

Konfirmasi merupakan tahap akhir dari pembelajaran. Pada bagian ini guru memberikan feedback terhadap para peserta didik.Ciri-ciri pembelajaran berbasis konfirmasi : (1) Guru memberi umpan balik positip terhadap hasi belajar anak didik,(2) Guru memberi konfirmasi hasil eksplorasi peserta didik, (3) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksi pengalamn belajarnya

Berikut contoh Penerapan Eek dalam RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah                           : SMA Negeri 11 Yogyakarta.
Kelas                                            :  XI
Program                                       : IPA/IPS
Mata pelajaran                         :  TIK

Menggunakan internet untuk keperluan mencari informasi dan melakukan komunikasi.
Jumlah pertemuan  : 2 kali pertemuan
STANDAR KOMPETENSI

  1. KOMPETENSI DASAR

1.1.    Menjelaskan  konsep Jaringan komputer, dan jaringan yang digunakan untuk mengakses internet.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Menjelaskan pengertian jaringan komputer, jenis-jenis jaringan
  • Menjelaskan topologi jaringan
  • Membedakan jenis-jenis topologi jaringan
  • Mengidentifikasi topologi jaringan yang digunakan untuk mengakses internet

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jaringan,jenis-jenis jaringan,topologi jaringan secara mandiri
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi topologi jaringan yang digunakan untuk mengakses internet sehingga menumbuhkan sikap gemar membaca.

MATERI AJAR

  • Menjelaskan jaringan komputer (pengertian,jenis-jenis jaringan)
  • Mengidentifikasi jenis-jenis topologi jaringan

ALOKASI WAKTU 2 kali pertemuan (4 x 45 menit)

METODE PEMBELAJARAN (bahan ajar berbasis TIK)

  • Ceramah interaktif
  • Inkuiri
  • Latihan
  • Penugasan

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama 1 (2 x 45 menit)

Kegiatan belajar

Pendahuluan (15’)

  • Salam, memeriksa kesiapan siswa
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Memberi penjelasan tentang materi yang akan dipelajari

Kegiatan Inti: 65’

Eksplorasi

  • Pendidik memberikan stimulus berupa contoh jaringan yang ada di sekitar peserta didik dalam kehidupan sehari-hari
  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai jaringan yang ada dilingkungan sekitarnya

Elaborasi

  • Peserta didik membaca pengertian jaringan,jenis-jenis jaringan melalui media internet dan buku
  • Pendidik memberikan tugas secara berkelompok agar peserta didik mendiskusian sistem jaringan yang terjadi di lingkungan sekolah (studi kasus: di puskesmas jetis) yang diambil dari koran kompas edisi:………..
  • Pendidik  menjelaskan pengertian jaringan dan jenis-jenis jaringan komputer(bahan ajar berbasis TIK)

Konfirmasi

  • Memberikan umpan balik kepada peserta didik dengan memberikan penguatan dalam bentuk lisan kepada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
  • Memberikan konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
  • Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajarnya tentang jaringan komputer yang ada di sekitarnya
  • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer

Nilai karakter

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tau
  • Demokratis
  • Bersahabat/komunikatif
  • mandiri

Penutup: 10’

  • Pendidik dan peserta didik membuat rangkuman dari materi tentang jaringan komputer dan jenis-jenisnya.

Pendidik memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi jenis jaringan komputer dan jenis topologi jaringan, dilingkungan tempat tinggal peserta didik.

Pertemuan ke 2 (2x 45 menit)

Kegiatan Belajar

Pendahuluan 15’

  • Menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya dengan menanyakan tugas yang telah diberikan sebelumnya
  • Memberi penjelasan tentang materi yang akan dipelajari

Kegiatan Inti: 65’

Eksplorasi

  • Pendidik memberikan stimulus berupa contoh topologi jaringan yang ada di sekitar peserta didik dalam kehidupan sehari-hari
  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai topologi jaringan yang ada dilingkungan sekitarnya

Elaborasi

  • Peserta didik membaca pengertian topologi jaringan,jenis-jenis topologi jaringan melalui media internet dan buku
  • Pendidik  menjelaskan pengertian jaringan dan jenis-jenis jaringan komputer
  • peserta didik mengidentifikasi, kelebihan dan kekurangan masing-masing topologi jaringan dan mengidentifikasi topologi yang digunakan untuk mengakses internet
  • Pendidik dan peserta didik mengidentifikasi jenis topologi jaringan yang digunakan di Lab komputer

Konfirmasi

  • Mengumpulkan hasil identifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing topologi jaringan yang dikerjakan oleh peserta didik.
  • Memberikan umpan balik kepada peserta didik dengan memberikan penguatan dalam bentuk lisan kepada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
  • Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajarnya tentang topologi jaringan komputer yang ada di sekitarnya
  • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai topologi jaringan komputer dan jenis-jenis topologi jaringan komputer

Nilai karakter

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tau
  • Demokratis
  • Bersahabat/komunikatif
  • Mandiri

Penutup: 10’

  • Pendidik dan peserta didik membuat rangkuman dari materi tentang jaringan komputer dan jenis-jenisnya.

Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan dan materi yang telah dipelajari

Sumber Belajar:

  • Buku kelas XI penerbit fokus
  • Id.wikipedia.org
  • http://www.ilmukomputer.com
  • Buku internet, elex media komputindo
  • file:///D:/BELAJAR/EEK/pembelajaran-dengan-eksplorasi.html

© dian Quinnara

About dianquinnara

saya seorang ibu...
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to PEMBELAJARAN DENGAN EEK(Eksplorasi,Elaborasi,Konfirmasi)

  1. Risa Adilah says:

    Terima kasih bu infonya ini sangat membantu. saya juga salah satu murid ibu dulu. alumni SMA 11 Yogyakarta 2012 😀

  2. Undi says:

    terimakasih admin. ilmunya bermanfaat

Leave a comment